Arief Kurniawan, [1 Mar 2023 09.53.55]:
Matius 11:16-30
Terima ajakan untuk berjalan bersama Yesus
Ajaran Yesus sangat menarik. Pada bagian pertama dari renungan hari ini, Dia sepertinya berkata, 'Anda tidak bisa menang.' Di satu sisi, Yohanes Pembaptis adalah seorang pertapa dan dituduh sebagai orang jahat. Di sisi lain, Yesus pergi ke pesta dengan segala macam orang dan berteman dengan orang-orang yang dianggap sebagai perilaku yang buruk perilakunya. Dia dituduh sebagai seorang pelahap dan pemabuk dan sahabat pemungut cukai dan orang berdosa (Ay.18).
Apa pun yang Anda lakukan bisa disalahartikan. Namun, Yesus menambahkan, 'Tetapi kebijaksanaan terbukti benar oleh perbuatannya' (Ay.19). Saya mengartikan hal ini adalah bahwa semua yang bisa kita lakukan adalah melakukan kebenaran dan tidak khawatir dengan apa yang dipikirkan orang lain. 'Jajak pendapat tidak masuk hitungan, bukan? Bukti puding ada pada makanannya' (Ay.19).
Yesus kemudian mencela kota-kota yang telah ia kunjungi dan melakukan mukjizat di mana orang tidak bertobat atau percaya. Dia menunjukkan bahwa dosa mereka lebih buruk daripada dosa Sodom (Ay.24). Dosa ketidakpercayaan mungkin adalah yang paling serius.
Yesus melanjutkan dengan mengajar sedemikian rupa sehingga jelas bahwa ia percaya pada kedua takdir (bahwa Allah telah menentukan segala yang akan terjadi) dan kehendak bebas. Dia mengajar keduanya berdampingan satu sama lain. Ini adalah sebuah paradoks. Kedua hal yang tampaknya bertentangan, keduanya benar pada saat yang bersamaan.
Ini bukanlah 50% 'takdir' dan 50% 'kehendak bebas'. Yesus berkata kita 100% ditakdirkan dan kita memiliki kehendak bebas 100%. Ini mungkin tampak tidak mungkin, tetapi Tuhan mampu mengatasi dengan tidak mengubah kebebasan manusia. Kita akhirnya melihat ini dalam inkarnasi: Yesus adalah 100% Tuhan dan 100% manusia; Dia sepenuhnya Tuhan dan sepenuhnya manusia.
1. Takdir
‘Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya’ (Ay.27).
Mengapa Tuhan memilih untuk mengungkapkan diri-Nya kepada sebagian orang dan tidak kepada orang lain, dimana ini adalah sebuah misteri. Hal ini tentu tidak didasarkan pada kebijaksanaan dan pembelajaran. Terkadang, para intelek besar tidak dapat melihatnya: 'Engkau telah menyembunyikan hal-hal ini dari orang bijak dan orang pandai' (Ay.25). Namun, terkadang orang yang tidak memiliki pendidikan yang cukup atau sedikit atau bahkan tidak sama sekali, atau mereka yang masih sangat muda ('anak kecil', Ay.25), tampaknya memiliki pemahaman Yesus yang sangat mendalam. 'Engkau telah menyembunyikan jalan-Mu dari orang-orang yang berpengalaman dalam hal-hal duniawi dan tahu segalanya, tetapi menjelaskannya secara jelas kepada orang awam' (Ay.25).
2. Keinginan Bebas
Yesus berfirman: ‘Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu’ (Ay.28). Ajakan untuk datang kepada Yesus adalah untuk semua orang. Tidak ada yang dikecualikan. Kita semua diundang. Kita semua memiliki pilihan untuk menerima ajakan Yesus atau menolaknya.
Sulit bagi saya untuk memikirkan paradoks ini. Namun, saya telah menemukan ilustrasi yang bermanfaat berikut ini. Bayangkan sebuah ruangan dengan pintu melengkung. Bagian luar bertuliskan kata-kata, 'Datanglah kepadaku, kalian semua...' (Ay.26). Dengan kata lain semua orang diundang ke dalam ruangan. Ketika Anda masuk ke dalam ruangan, di bagian dalam lengkungan yang sama tertulis, 'Tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya’ (Ay.27b).
Dengan kata lain, kehendak bebas adalah doktrin bagi semua orang. Tidak ada yang dapat mengatakan, 'Saya tidak akan menjadi seorang Kristen karena saya belum terpilih.' Padahal ajakan berlaku untuk semua orang. Di sisi lain, takdir adalah doktrin jaminan bagi orang-orang Kristen. Setelah Anda menerima ajakan dan masuk, Anda dapat mengetahui bahwa Tuhan telah memilih Anda dan oleh karena itu, Dia tidak akan membiarkan Anda pergi.
Saya menyukai kenyataan bahwa di dunia yang penuh tekanan, di-mana begitu banyak orang yang 'lelah dan terbebani', Yesus menjanjikan Anda untuk beristirahat. Dia menawarkan untuk mengambil bebanmu dan menggantinya dengan milik-Nya sendiri.
Kuk (sesuatu yang akan dibuat oleh Yesus di toko tukang kayu) adalah bingkai kayu yang menggabungkan dua ekor binatang (biasanya lembu) di lehernya, yang memungkinkan mereka menarik bajak atau kereta bersama-sama. Fungsi dari kuk tersebut untuk membuat beban lebih mudah dibawa. Saya menyukai gambaran dimana berjalan beriringan bersama Yesus, berbagi beban, membuat cobaan dan perjuangan yang harus kita hadapi terlihat 'mudah' dan 'ringan' jika kita membuat perbandingan.
Yesus bukan tukang perintah yang keras. Bila Anda mengejar rencana-Nya untuk hidupmu, Anda menanggung beban, tetapi 'bukan kasar, keras, tajam, atau mendesak, melainkan nyaman, ramah, dan menyenangkan' (Ay.30). Bila Anda melakukan apa yang Yesus minta untuk lakukan, Dia memberi Anda kekuatan dan kebijaksanaan untuk melakukan yang Dia kehendaki dan Anda menanggung beban-Nya bersama dengan-Nya. Selanjutnya, ada banyak tantangan dan kesulitan yang akan dihadapi, tetapi akan ada juga keringanan dan kemudahan.
Yesus berkata kepadamu: 'Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan' (Ay.28–29). Tenanglah dan biarkan Tuhan bekerja.
Mari kita berdoa : Tuhan, terimakasih telah berjanji untuk menjadi sandaran bagi jiwaku. Aku datang kepada-Mu hari ini. Kuserakan bebanku ...