Reborn
  
Menang Atas Pergumulan Hidup
Dipublikasikan pada 09 Juli 2024
3 min baca

Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri Nya dari pihak orang - orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa

Ibrani 12:3

Setiap orang pasti ingin selalu hidup berkemenangan dalam iman yaitu hidup yang penuh dengan sukacita dan dekat dengan Tuhan. Namun dalam kenyataannya, banyak anak Tuhan tidak mengalami hal itu. Mereka malah kalah dalam iman, undur dari Tuhan. Dalam nats ini penulis Ibrani memberikan 3 nasehat yang harus dimiliki orang percaya supaya dapat menang atas pergumulan hidup.

Pertama, Menanggalkan Semua Rintangan (Ayat 1). Dalam kehidupan kita sering banyak rintangan yang menyebabkan iman kita jadi lemah. Rintangan itu diantaranya beban-beban hidup kita yang selalu menghimpit kita dan dosa kita yang sering menyebabkan kita tidak bertumbuh dalam iman. Oleh karena itu kita harus menanggalkannya dengan jalan datang pada Yesus dan minta Yesus melepaskan kita dari segala beban dan dosa kita. Seperti yang Yesus tawarkan dalam Matius 11:28 yang menjelaskan “Marilah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberikan kelegaan kepadamu.”

Kedua, Bertekun Dalam Iman (Ayat 1). Hidup kita itu seperti orang yang sedang berlomba. Untuk memperoleh kemenangan seorang perserta lomba harus bertekun mengikuti lomba itu sampai finis. Ia tidak boleh berhenti tapi harus berjuang terus supaya dapat nomor satu. Demikian juga kehidupan kita. Selama kita hidup di dunia kita seperti orang yang berlomba. Kita harus tekun dalam iman, jangan sampai iman kita kendor. Sehingga diakhir pertandingan kita akan berkata seperti Paulus dalam 2 Timotius 4:7-8 yang mengatakan “Aku telah mengakiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku…”.

Ketiga, Terus Pandang Yesus (Ayat 2). Supaya kita menang dalam pergumulan iman, kita harus selalu memandang Yesus. Sebab Yesus adalah teladan bagi kita. Dalam ayat 2-3 dijelaskan bahwa Yesus tekun dan setia dalam penderitaan. Dia setia sampai mati. Oleh karena itu dalam kehidupan kita, walau kita hidup dalam penderitaan kita harus tekun dan setia seperti Yesus. Selain itu saat kita pandang Yesus, Yesus akan menolong kita. Sebab Dialah sumber pertolongan kita (1 Kor. 10:13). Sehingga kita akan selalu menang dalam pergumulan iman sebab Yesus beserta kita.

Supaya kita selalu menang dalam pergumulan iman, kita harus menanggalkan semua rintangan, bertekun dalam iman dan terus pandang Yesus sebagai sumber Pertolongan kita. Tuhan Yesus Memberkati

Pnt. Mery.S

Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
6 Orang Membaca