Reborn
  
Hal Berdoa
Dipublikasikan pada 03 Maret 2024
3 min baca

6:5 "Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. 6:6 Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 6:7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. 6:8 Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. 6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, 6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. 6:11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya 6:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; 6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.) 6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Matius 6:5-15

Bicara terkait hal berdoa, kata ini sudah tidak asing bagi kita semua. Dan doa yang kita mohonkan kepada Tuhan harus selalu dalam apapun keadaan dan situasinya. Tidak memilih situasi tertentu kemudian kita berdoa. Misalnya hanya saat keadaan sulit saja kemudian kita mendekat kepada Tuhan dan berdoa sungguh-sungguh namun ketika keadaan baik-baik saja malah kita lupa untuk berdoa.

Ada pelajaran sangat penting dalam hal berdoa yang diajarkan oleh Tuhan Yesus yang dicatat oleh Rasul Matius dalam Injil Matius 6:5-15. Dikatakan ketika kita berdoa jangan seperti orang munafik yang suka berdoa dalam rumah-rumah ibadah namun tidak sepenuh hati berdoa kepada Tuhan hanya agar terlihat ia berdoa kepada Tuhan. Atau yang suka mengucapkan doanya disetiap tikungan jalan agar orang lain melihat namun bahwa mereka berdoa. Namun ketika kita berdoa sebaiknya kita masuk ke rumah kita, menutup pintu kemudian kita berdoa, artinya kita kita harus melakukan doa tersebut dengan kesiapan dan kesungguhan hati. Ada hal lain yang Yesus Kristus ajarkan yaitu ketika berdoa janganlah bertele-tele seperti orang yang tidak mengenal Tuhan. Tuhan sudah paham dan mengerti dengan apa yang kita doakan dan kita minta.

Berdoalah dengan baik dan benar selayaknya kita yang mengenal Tuhan bahwa Dia Tuhan yang sudah paham dengan doa-doa kita, apapun doa yang kita naikan kepada-Nya Ia sungguh paham. Amin

Pnt. Siwandes Benu

Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
10 Orang Membaca