Reborn
  
Berkorban Demi Kelangsungan Hidup Banyak Orang
Dipublikasikan pada 17 Maret 2024
3 min baca

Ester 4:1-17

"Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati "

(Ester 4:16)

Shalom

Apa arti pengorbanan?

Pengorbanan bisa berupa apapun, contohnya: ada kepala keluarga yang rela berkorban tenaganya hanya untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga nya, ada seorang kekasih yang demi cinta rela berkorban perasaan, berkorban waktu, tenaga untuk orang orang yang di cintai atau disayangi.

Firman Tuhan hari ini, menceritakan tentang 2 sosok pribadi yang rela berkorban.Untuk rakyat nya , bangsanya yang amat dikasihinya.

Siapa 2 sosok ini?

Sosok yang pertama adalah Mordekhai dan sosok yang kedua adalah ratu Ester. Mordekhai dan Ester adalah paman dan ponakan, mereka berasal dari bangsa Yahudi, kalau kita baca pasal sebelum nya. (2:1-4) mengatakan bahwa, Mordekhai mendengar bahwa Haman, salah seorang yang berpengaruh juga dalam istana, termasuk orang yang dipercayai oleh raja Ahasweros, akan membunuh semua bangsa Yahudi (3:13). Mendengar itu mordekhai dan bangsa nya berkabung sampai depan gerbang istana. Lalu didengarlah hal itu dan disampaikan pada Ester dan Ester sangat kuatir dan panik.

Mengapa Mordekhai dan rakyat nya ingin dihabisi oleh Haman? Penyebab nya karena Haman sakit hati sebab Mordekhai tidak berlutut dan sujud pada Haman sehingga timbulah kebencian lalu Haman mencari cara dan menghasut Raja Ahasweros agar membunuh Mordekhai. Mendengar itu Ratu Ester tidak tinggal diam. Resiko besar yang harus diambilnya meskipun nyawa taruhannya. Mordekhai dan seluruh bangsa Yahudi mereka berpuasa seperti yang di anjurkan sang ratu sebelum ratu Ester bertemu dan berbicara pada Raja dan walaupun sebuah keputusan di ambil oleh ratu Ester sekalipun kedudukan, kenyamanan, dan terutama harus kehilangan nyawanya tetap dilakukan, karena peduli nya kepada bangsanya.

Sebuah pengorbanan yang dilakukan mordekhai dan Ester karena kasihnya kepada bangsanya, sebuah pengorbanan yang luar biasa karena cinta pada bangsanya. Ketika kita mendengar tentang pengorbanan, sosok pribadi yang rela berkorban bahkan mati dikayu salib untuk kita, karena kasihNya yang tidak ingin kita binasa karena dosa.

Bagaimana dengan kita memaknai arti sebuah pengorbanan dalam kehidupan kita, pengorbanan yang diberikan orang tua terhadap anak anak, istri terhadap suami bahkan se-baliknya. Itu dilakukan karena kasih dan kepedulian terhadap kita. Dan kita pun dituntut untuk melakukan pengorbanan, untuk bisa membantu orang lain saat kita mendengar orang lain dalam kesusahan butuh pertolongan, janganlah kita berdiam diri atau menutup diri.

Pelajaran penting dari firman Tuhan hari ini adalah, ketika kita mengasihi dan peduli pasti akan ada pengorbanan, sekalipun konsekuensinya adalah kehilangan kenyamanan sendiri. Tuhan memberkati kita semua.

Dkn. Sepriyati Daka

Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
15 Orang Membaca