Reborn
  
Fungsi Roh Kudus
Dipublikasikan pada 25 Mei 2024
3 min baca

Aku akan minta kepada Bapa, dan la akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya la menyertai kamu selama-lamanya.

(Yohanes 14 : 16)

Dari semua karunia yang diberikan Allah kepada manusia, tidak ada yg lebih lebih berharga dari kehadiran Roh Kudus. Roh Kudus memiliki fungsi penting dalam hidup orang Percaya.

Roma 8 : 9b mengatakan, "Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus." Roh Kudus adalah tanda bahwa kita milik Kristus yang sudah ditebus melalui pengorbanan Yesus di kayu salib. Tanda itu diberikan ketika kita bertobat, menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita secara pribadi. Inilah yg disebut kelahiran baru, yaitu karena kerja firman Allah dan Roh Kudus. Selanjutnya dalam Efesus 1 : 13-14 dikatakan, "Di dalam Dia kamu juga karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu - di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikanNya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita, sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, utk memuji kemuliaanNya. "Roh Kudus yang telah ada dalam hidup kita, yang kemudian kita terima secara penuh kuasaNya melalui kepenuhan atau baptisan Roh Kudus, adalah jaminan hingga kita memperoleh seluruh penebusan yang menjadikan kita milik Allah. Maksudnya Roh Kudus yg ada dalapm kita akan menuntun kita ke dalam seluruh kebenaran sehingga kita kelak berlayak untuk masuk ke dalam Surga.

Ketika kita percaya kepada Yesus, Roh Kudus juga menjadikan kita anak-anak Allah yg layak menerima warisan Allah. Galatia 4 : 6-7 menjelaskan, "Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh AnakNya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!" Jadi kamu bukan lagi hamba, melainkan anak; jikalau kamu anak, maka kamu juga adalah ahli-ahli waris, oleh Allah." Sebagai anak, kita mewarisi semua hal yg diberikan Allah melalui Yesus, di antaranya: penebusan (1 Korintus 1 : 30), kesembuhan (1 Petrus 2 : 24), pengampunan dosa (Matius 26 : 28), pembebasan kutuk (Galatia 3 : 13), dan kelimpahan (2 Korintus 8 : 9).

Betapa indah dan mulianya pekerjaan Roh Kudus dalam kita. Oleh karena Itu, teruslah hidup dalam tuntunan Roh Kudus.

Pdt. Sendy

Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
3 Orang Membaca