Reborn
  
Rahasia Keluarga Bahagia: Mengasihi & Memahami Pasangan
Dipublikasikan pada 02 April 2023
11 min baca

Bagaimana kita bisa hidup sehat, baik, bahagia ditengah keadaan yang tidak baik? Bagaimana caranya untuk bisa hidup menjadi seorang suami yang baik, menjadi seorang istri yang baik bagi pasangan anda?

# NASIHAT UNTUK SUAMI

Bagaiman caranya untuk hidup menjadi suami yang tidak dimusuhi istri? Menjadi suami yang dicintai istri? Kenyataan banyak istri – istri yang memusuhi istri.

Kejadian 2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

Tuhan menjadikan pria untuk bekerja, olehnya pria harus rajin bekerja, gaji besar atau kecil itu anugrah, berkat adalah bagian Tuhan, yang menjadi bagian dan tanggung jawab seorang pria adalah untuk rajin bekerja. Seorang pria tidak boleh malas! Harus rajin! Karena laki – laki diciptakan utuk bekerja, pria yang rajin pasti diberkati, ukuran berkat adalah urusan Tuhan.

Kenyataannya banyak wanita yang lebih rajin bekerja, lebih berpenghasilan, dan akhirnya membuat wanita memiliki pilihan untuk meninggalkan suami – suami yang tidak dapat mencukupi kebutuhan keluarga. Maka bagaimana caranya untuk bisa dikasihi oleh istri anda? Rajinlah! Laki – laki diciptakan untuk bekerja dengan rajin, sukalah bekerja. Supaya dapat rajin bekerja, harus ada cinta. Cinta mengubah kehidupan seseorang. Membuat seseorang tidak malas. Cinta Tuhan, cinta suami, cinta istri. Istri - istri, cintailah suami anda.

Suami merupakan kepala keluarga, tetapi tidak ada salahnya untuk saling memimpin dan melayani, khususnya untuk keluarga dimana istri juga bekerja. Hal ini membuat pekerjaan domestik perlu dilakukan bersama – sama juga, hal – hal seperti kebersihan rumah, mencuci baju, dll. Hal - hal tersebut tidak membuat pria menjadi lebih rendah, malahan anda mendapat kasih istri anda lebih lagi. Untuk menjadi pria yang dicintai istri, seorang suami harus dapat menjadi pemimpin yang melayani, mendahulukan kepentingan istri dan tidak egois.

Tugas yang susah bagi seorang suami adalah peka dengan kondisi emosional istri, karena istri (naluri wanita) selalu minta untuk perasaannya dimengerti. Wanita adalah makhluk perasaan, disatu sisi wanita pun perlu mengerti bahwa pria bukanlah makhluk perasaan.

Hal ini yang membuat wanita lebih mudah sakit hati, pria lebih sulit sakit hati karena mereka lebih banyak menggunakan pikirannya dibandingkan perasaannya. Inilah sebabnya pernikahan yang bahagia sangat penting karena ini menentukan surga atau neraka di bumi. Kalau anda memiliki permaslaahn dengan istri, suami, menantu, doakan mereka, minta Tuhan untuk menumbuhkan rasa cinta anda kepada mereka. Karena cinta dapat menyembuhkan segala penyakit. Cinta memiliki energi yang sangat luar biasa.

Tidak hanya cinta, tetapi juga untuk melakukan segala sesuatu tanpa pamrih. Terkadang kita sakit hati karena apa yang kita lakukan tidak dihargai oleh orang lain, tidak dilihat oleh orang lain. Itulah sebabnya ketika kita memberi seharusnya kita memberi tanpa mengharapkan imbalan apapun sehingga kita tidak sakit. Memberi bukan supaya diberkati tetapi karena belas kasihan, tetapi karena kita mengasihi orang yang kita diberkati.

Alasan lain mengapa suami sulit untuk memahami istri karena seringkali istri tidak jelas dalam mengungkapkan perasaannya atau bahkan tidak mengungkapkan perasaan.

Saran saya bagi suami, belajarlah untuk menenangkan hati dan pikiran, sama seperti pemazmur berkata “tenanglah hai jiwaku…” Jiwa kita meliputi pikiran, perasaan, kehendak. Tenangkan itu maka anda dapat mendengar hati nurani yang murniyang sudah dikuasai Roh Kudus. Dan ketika jiwa anda tenang, anda dapat mendengar suara Roh Kudus. Roh kudus bukanlah doktrin, Tuhan bukanlah teologia, bukan pengetahuan, Tuhan kita adalah pribadi, dan kalau Dia adalah pribadi maka Dia hidup, dan pribadi yang hidup pasti berbicara. Kita tidak dapat mendengar Tuhan berbicara, karena pikiran kita sibuk terus dan hati perasaan kita bergelora terus tidak pernah bisa diam. Belajar diam. Mari belajar mendengar suara Tuhan.

Istri sayang kepada suami yang tidak nge-bos-i tetapi suami yang melayani, melayani Tuhan, peka dengan suara Tuhan. Kepekaan dengan suara Tuhan ini lah yang akan menolong anda memahami istri anda ketika dia sulit untuk dipahami.

# NASIHAT UNTUK ISTRI

Istri yang membahagiakan suami adalah istri yang membawa perubahan. Istri yang menolong, bukanlah istri yang menyerah pada keadaan. Firman Tuhan berkata bahwa “satu orang bertobat maka seisi keluarga diselamatkan.” Jangan tinggalkan suami anda, jangan ceraikan suami anda. Doakan. Sungguh – sungguhlah untuk meminta pemulihan kepada Tuhan.

Amsal 31:30 Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

Amsal 3:7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;

Apa yang dimaksud dengan takut akan Tuhan? Maka Alkitab menjelaskan Alkitab dalam dua ayat diatas bahwa takut akan Tuhan artinya tidak menganggap diri bijak. Ini adalah hal yang susah bagi wanita, bagi para istri. Suami harus belajar mengerti perasaan istri, dan istri harus belajar bijaksana dalam arti tidak menganggap diri bijak. Ini tidak mudah karena kenyataannya wanita itu bijak, wanita itu pandai. Kita tidak hidup di zaman kartini dimana wanita sulit untuk mendapatkan pendidikan. Zaman ini wanita sama – sama pintar dan kompeten bahkan beberapa memiliki IP yang lebih tinggi daripada suaminya.

Analogi untuk memudahkan ini adalah mentri (penolong) dan presiden (kepala), mentri adalah penolong presiden, artinya mentri menghadap presiden untuk memberikan masukan dan saran, mentri umumnya jauh lebih pintar dan memahami bidangnya dibanding presiden. Istri adalah penolong, suami adalah kepala, maka istri – istri jangan kelihatan pintar meskipun anda memang pintar. Jangan membuat suami anda merasa anda lebih pintar daripada dia, meskipun terkadang kenyataanya seperti itu.

Maka posisikan diri anda tetap berada di bawah suami anda, biarkan dia sukses, dihormati karena mengikuti usul anda, biarkan dia menerima kredit dari apa yang dilakukannya berdasarkan saran dan masukan anda. Yang terpenting jangan membodoh – bodohkan suami anda apalagi di depan anak – anak, di depan orang lain.

Satu rahasia tentang pria yang istri perlu tahu, kalau dia mulai tidak dapat berpikir dengan baik, berikan dia makan! Pria tanpa makan tidak dapat berpikir dengan baik itulah sebabnya dalam Full Gospel Businessman, kita membangun relasi dengan makan bersama, breakfast meeting, lunch meeting, tea time, dan lain sebagainya. Servis suami anda dengan memperhatikan perut suami anda. Memang beginilah laki – laki, Yesus pun dalam tubuh manusiaNya, Dia adalah pribadi yang sangat maskulin, sangat laki – laki, kemana dia pergi dia makan lalu mengajar, dia ke rumah Zakheus makan lalu mengajar, di tempat pemimpin ibadah dia makan lalu mengajar dan menjawab pertanyaan murid - muridNya, bahkan ketika dia bangkit dalam tubuh kemuliaan Dia bertanya “adakah ikan?”

Pastikan suami anda mendapatkan pelayan anda, makan dengan baik. Sebaliknya wanita, wanita yang belum berbicara itu sama seperti laki – laki yang belum makan. Maka suami perlu memberikan telinga anda pada istri anda. Tanggung jawab anda sebagai laki – laki memang tidak ringan, tetapi ketika anda lulus sebagai suami yang baik dan pria yang mencintai istri dengan mendengar, maka anda akan menjadi orang yang berhikmat, bijaksana dan sabar, sebaliknya kalau anda gagal anda bisa jadi gila, stress, strok, darah tinggi – pilihan di tangan anda. mintalah kekuatan Tuhan untuk menjadikan anda bijaksana.

Amsal 8:13 Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

Jadilah wanita yang membenci kejahat, wanita yang melakukan kebaikan, lakukan kebaikan terutama kepada ibu suami anda, karena ketika anda tidak bisa mengasihi mertua anda, maka suami anda pun akan sulit untuk mengasihi anda. Ketika anda menikah, anda tidak hanya menikahi suami anda, anda mengikat hubungan dengan keluarga besar suami anda. Naluri lelaki cenderung berkomitmen pada keluarga, nalurinya berpikir bahwa darah keluarga lebih kental, ada mantan istri tetapi tidak ada mantan ibu, mantan bapak, mantak adik, dan sebaginya. Itulah sebabnya anda harus mengasihi mertua anda.

Imamat 25:17 “Janganlah kamu merugikan satu sama lain, tetapi engkau takut akan Tuhanmu, sebab Akulah Elohin, Tuhanmu:

Kita harus memiliki timbal balik, saling menguntungkan, dan memiliki kerinduan supaya pasangan kita juga bahagia, bukan malah menderita.

Amsal 31:10-11 10Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. 11Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak akan kekurangan keuntungan.

Kalau istri takut akan Tuhan, hidup benar, mengasihi Tuhan – hal ini membawa keberuntungan bagi suami. Itulah sebabnya Petrus berkata:

1 Petrus 3:6-7 6 sama seperti Sara taat kepada Abraham dan menamai dia tuannya. Dan kamu adalah anak-anaknya, jika kamu berbuat baik dan tidak takut akan ancaman. 7 Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

#DIBERKATI UNTUK HIDUP BAHAGIA

Suami akan diberkati Tuhan ketika dia mencintai istrinya. Tuhan merancang dunia ini pria dan wanita, kemudian Tuhan berkata kepada Adam dan Hawa “Tuhan menciptakan mereka, Tuhan memberkati mereka, Tuhan memberikan kuasa kepada mereka,…” Kuasa untuk apa? Kuasa atas ikan, atas burung, ini adalah bahasa Alkitab yang artinya sumber – sumber berkat. Kuasa itu diberikan bukan hanya pada Adam, atau pada Hawa saja, tetapi kepada Adam dan Hawa, laki dan perempuna setelah diberkati. Diberkati ini artinya dalam pernikahan, ini berarti pernikahan harus diberkati.

Keluarga Kristen, keluarga orang benar memiliki tantangan yang berat hari – hari ini untuk menunjukkan pada pasangan milenial yang berkata kami tinggal bersama, di luar perniKahAN tetapi kami Bahagia. Keluarga Kristen harus menunjukkan bahwa kami hidup bersama, diberkati dan sangat bahagia. Kita harus mengatakan yang benar adalah benar bahwa PERNIKAHAN HARUS DIBERKATI. Kalau kita tidak lebih Bahagia daripada mereka maka mereka tidak akan tertarik untuk hidup sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan inilah tantangan kita, olehnya mintalah hikmat Tuhan untuk mengusahakan kehidupan bahagia dalam pernikahan anda.

Link Ibadah Victory Community Church:

Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
Bagikan Artikel Ini