Reborn
  
Galah Rangsang
Dipublikasikan pada 03 September 2023
16 min baca

Ketika kita berkomitmen untuk ikut Tuhan kita akan dididik untuk memiliki iman yang kuat dan didikan Tuhan bukanlah sesuatu yang menyenangkan bagi daging kita. Banyak orang yang mengaku Kristen berakhir undur dari keyakinannya karena mereka tidak kuat dengan didikan Tuhan.

Kita sadar bahwa Dia adalah Tuhan yang maha kuasa dan Dia sangat mencintai kita, tetapi kita menjumpai titik kehidupan dimana rasanya Tuhan membiarkan kita melewati kesakitan dan pelatihan yang keras. Sadarilah bahwa ini adalah salah satu cara Tuhan untuk melenturkan iman kita, cara terbaik untuk tetap kuat adalah dengan banyak – banyak Roti Kehidupan, Firman Tuhan, kenali Kristus Sang Roti Kehidupan itu, jangan mengisi dengan nutrisi lain yang tidak sehat, yang kenyangnya tidak memuaskan.

Secara umum dua hal yang membuat seseorang undur dari kekristenan dan bahkan memilih jalur yang lain:

#1.Doa yang tidak dikabulkan

Ini bukan masalah Tuhan selalu menjawab doa, doa pun bukanlah formula yang dapat dipastikan hasilnya, tetapi jelas Alkitab menuliskan bahwa ada doa yang keliru. Kita perlu belajar doa apa yang keliru.

Kita pun tahu bahwa doa merupakan nafas hidup orang percaya, ini artinya doa adalah kebutuhan utama umat percaya, itulah sebabnya perlu bagi kita untuk mengetahui pentingnya berdoa sehingga kita dapat berdoa tak jemu – jemu.

PENTINGNYA DOA

Kita perlu menyadari bahwa kita adalah duta besar Kerajaan Surga, itulah sebabnya perlindungan Tuhan adalah jaminan bagi anak – anakNya. Malaikat Tuhan ditugaskan untuk mengawal kita apabila kita meminta sebab malaikat bergerak berdasarkan perintah. Darah Kristus saya umpamakan sebagai kendaraan anti peluru kita sedangkan Malaikat bergerak seperti protokol Kerajaan yang membuka jalan untuk kita.

Disini kita memahami pentingnya mengawali hari kita memohon perlindungan Tuhan. Kita berdoa karena kita memahami pentingnya perlindungan Tuhan bagi kita. Olehnya kita sangat butuh perlindungan Darah Yesus yang melingkupi kita dan pelayanan malaikat yang mengawal perjalan kita, seperti protokol kepresidenan yang membuka jalan sehingga langkah dan jalan kita tidak terhambat, lebih cepat, dan tidak ada halangan.

Jangan biarkan manusia mengintimidasi anda dan men-cap anda paranoid atau fanatic ketika anda selalu memperkatakan peperangan. Firman Tuhan jelas berkata bahwa

Efesus 6:10-12 (TB) 10Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. 11Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bebrtahan melawan tipu muslihat Iblis; 12Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah – pemerintah, melawan penguasa – penguasa, melawan penghulu – penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh – roh jahat di udara.

Kalau kita tidak percaya bahwa hidup kita tidak bisa percaya bahwa sewaktu – waktu kita dapat diserang oleh kuasa jahat, maka sebenarnya kita sedang tidak mempercayai kebenaran Firman Tuhan. Contoh paling gampang yang bisa saya berikan adalah kehidupan rumah tangga, suami istri sangat mungkin diganggu oleh pihak – pihak lain yang dikirim iblis untuk menggangu. Itulah sebabnya tanpa kuasa perlindungan Darah Yesus, hidup kita sangat rentan untuk kalah menghadapi serangan si jahat.

Sadarkah anda bahwa kehidupan orang percaya sangat sering diganggu oleh di iblis/ dunia? Sebenarnya Firman Tuhan sudah memberikan peringatan kepada kita mengenai hal itu karena: (Mengapa serangan terjadi?)

A. Kita dibenci oleh di iblis

Yohanes.15:18-19 (TB) 18”Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. 19Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

Ketika kita menetapkan hati untk mengikut Kristus, bagi iblis kita adalah kaum pemberontak. Kita yang dahulu nya anak Kerajaan gelap, berpindah haluan menjadi anak terang dan ini artinya perseteruan dengan si iblis. Bagi iblis kita adalah pengkhianat.

Kolose 1:12-14 (TB) 12dan mengucap syukur dengan sukacita kepada Bapa, yang melayakkan kamu untuk mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang kudus di dalam kerajaan terang. 13Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; 14di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

B. Kita ada di tengah medan peperangan spiritual

Seandainya, kita bisa melihat menggunakan mata rohani, dan kita tahu apa yang terjadi di alam spiritual, kita pasti tidak akan berhenti berdoa setiap saat. Sadarkah anda bahwa musuh yang paling berbahaya adalah musuh yang tidak tampak, kalau kita tidak bisa melihatnya bagaimana kita dapat mengalahkannya. Contoh mudah mengenai hal ini adalah dalam peperangan dunia, musuh yang berbahaya adalah apa yang tidak dapat di lihat radar, kapal selam, pesawat anti radar, mengapa? Karena tiba – tiba saja mereka sudah sangat dekat dan siap menembakkan serangan kepada musuh dan sudah terlambat bagi musuh untuk menahan serangan tersebut.

Sadarilah bahwa kita membutuhkan perlindungan dan tuntunan Tuhan setiap hari, dan inilah pentingnya meminta Roh untuk membantu kita berdoa, sebab Roh menyampaikan keluhan – keluhan yang tidak tersampaikan. Roh akan menolong kita untuk melihat apa yang tak terlihat

TAHU APA YANG KITA MINTA DAN KONSEKUENSI DARI APA YANG KITA MINTA

Dalam kisah Petrus berjalan di atas air, sadarkah anda bahwa bukan Tuhan yang awalnya meminta Petrus untuk berjalan di atas air, Petrus lah yang berdoa supaya dia bisa berjalan di atas air dan Tuhan mengabulkan hal tersebut, tetapi dia lupa konsekuensi dari doanya dan ketika angin rebut itu datang, dia tenggelam.

Seringkali kita memiliki iman yang besar ketika mengawali sesuatu, tetapi kita tidak memiliki iman untuk membuat itu sampai pada kesudahan segala sesuatunya. Kita perlu berpikir, dan menyadari apa yang kita sedang minta dalam doa kita dan sadari juga konsekuensi dari permintaan doa tersebut.

Salah satu contoh: banyak dari kita minta dijadikan bendahara Tuhan, sebagai bandahara, Tuhan akan mengirimkan orang – orang yang membutuhkan uang kepada kita, bagaimana respon kita terhadap orang – orang tersebut. Ketika kita meminta “kesabaran” maka Tuhan akan mengirimkan orang – orang yang melatih hati dan kesabaran kita.

DOA YANG SALAH

A.Doa salah motivasi

Yakobus 4:3 (TB) “Atau kamu berdoa juga tetapi kamu tidak menerima apa – apa karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu mint aitu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.”

Ayat ini tidak hanya berbicara masalah uang, ini adalah masalah hati. Kalau doa/ permintaan kita hanya untuk memuaskan hati dan keinginan daging kita, meskipun doa itu bosa saja terdengar manis, Tuhan melihat dan mempertimbangkan hati kita.

Salomo menaikkan doa yang berkenan di hadapan Tuhan (1 Raja – raja 3:9-10), Salomo meminta hikmat untuk tujuan umat Allah. Salah satu rahasia doa yang dikabulkan Tuhan adalah doa yang berhubungan dengan kepentingan umat Allah atau pekerjaan Tuhan. Ingatlah! Ketika Tuhan mengabulkan, tetapi janji itu.

B. Doa yang tidak menggunakan iman

Ketika anda tidak dalam posisi meminta, kita tetap perlu berdoa dengan iman. Doa sederhana “Tuhan aku merindukanMu” membutuhkan iman.

Faith is the currency of heaven, and prayer is the transaction.

Iman adalah alat bayar surga, dan doa ada transaksi surga. Iman tanpa doa ibarat seperti memiliki uang tapi tidak dipakai untuk bertransaksi, sebaliknya, doa tanpa iman itu sama dengan bertransaksi tanpa alat bayar, maka keduanya adalah kesia – siaan. Itulah sebabnya iman dan doa tidak dapat dipisahkan.

Perhatikan pola ketika Tuhan akan menciptakan segala sesuatu: pertama Dia berpikir, Dia merencanakan, dan kemudian Dia mengucapkan FirmanNya. Dan apa yang diucapkan Tuhan terjadi. Pola ini penting, karena kita diciptakan segambar dan serupa dengan Allah. Ketika kita dapat memikirkan dan mem-visualisasikan maka hal tersebut bisa jadi dalam kehidupan. apa yang bis akita lihat, kita bisa dapat dan menjadi milik kita. setelah berpikir, ucapkan, deklarasikan, ini adlaah kunci penting. Deklarasi adalah manifestasi pertama dari alam roh ke bumi dengan iman.

Bilangan 14:28 (TB)Katakanlah kepada mereka: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, bahwasanya seperti yang kamu katakan di hadapan-Ku, demikianlah akan Kulakukan kepadamu.

Deklarasi sama dengan melegalisir apa yang Tuhan inginkan di surga untuk terjadi di bumi. Tanpa Tuhan manusia tidak bisa berbuat apa – apa, tetapi tanpa manusia, Tuhan tidak mau mengerjakan itu. Itulah sebabnya Tuhan meminta Musa untuk mengangkat tangannya dan Dia yang membelah laut. Tuhan sudah memberikan bumi kepada manusia, dan Dia menyerahkan kuasa untuk memgelola bumi kepada manusia, maka baik buruknya bumi ini tergantung pada manusia. kata – kata kita memiliki kuasa yang luar biasa. Dia telah meletakkan RohNya di dalam kita dan kuasa itu berpotensi untuk mencipta.

Unsur Doa Yang Sering Terlupakan

A. Ingatkan TUHAN

Yesaya 43:26 (TB) Ingatkanlah Aku, marilah kita beperkara, kemukakanlah segala sesuatu, supaya engkau nyata benar!

Keluaran 32:13-14 (TB) Ingatlah kepada Abraham, Ishak dan Israel, hamba-hamba-Mu itu, sebab kepada mereka Engkau telah bersumpah demi diri-Mu sendiri dengan berfirman kepada mereka: Aku akan membuat keturunanmu sebanyak bintang di langit, dan seluruh negeri yang telah Kujanjikan ini akan Kuberikan kepada keturunanmu, supaya dimilikinya untuk selama-lamanya.” 14Dan menyesallah Tuhan karena malapetaka yang dirancangkan-Nya atas umat-Nya.

Orang boleh pro dan kontra mengenai hal ini, tetapi Firman Tuhan sendiri yang berbicara dan mengajarkan kita untuk “mengingatkan Tuhan.” Tidak hanya Yesaya, Musa pun menggunakan doa ini untuk membawa “kasus” nya kepada Tuhan dan Tuhan mengingat janji-Nya dan kepentingan Tuhan pasti akan terjadi

B. Mintalah kepada Tuhan

Lukas 11:9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Yohanes 16:24 Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Kalau Tuhan sudah membuat aturan, jangan kita sok mengubah aturan itu. Kalau Tuhan memerintahkan minta, jangan sok rohani dengan berpikir jangan meminta – minta pada Tuhan. Yabes meminta permohonan yang luar biasa dan Tuhan mengabulkan (1 Tawarikh 4:9-10). Mintalah, karena dengan meminta ini Tuhan memiliki dasar untuk memberi kepada kita. Minta juga adalah bentuk kerendahan hati dan ketergantungan kita kepada Tuhan, jangan merasa diri kuat, tetapi mintalah kepada Tuhan yang adil dan penuh kasih.

Mintalah dengan spesifik. Doa yang detil membuat Tuhan semakin cepat memberikan jawaban. Keberanian kita untuk menyatakan tujuan permintaan kita dengan detil membuat Tuhan lebih mudah mengabulkan apa yang menjadi permintaan tersebut apalagi kalau itu berhubungan dengan umat Tuhan dan pekerjaan Tuhan. Tetapi jangan sampai kita mengingkari janji kita kepada Tuhan, dan jangan juga kita takut berjanji kepada Tuhan. Takut janji kepada Tuhan hanya menunjukkan bahwa kita tidak berani menerima konsekuensi dari doa dan permohonan yang kita sampaikan pada Tuhan.

Berdoalah Dalam Hadirat Tuhan

Seringkali, karena kita menganggap dapat menaikkan doa dimanapun dan kapanpun, kita meremehkan dan melupakan pentingnya dan esensi doa di hadirat Tuhan. Doa tidak di hadirat Tuhan itu seolah – oleh seperti seseorang yang menyampaikan permintaan melalui surat atau e-mail, artinya tidak bertatap muka, sedangkan dia di hadirat Tuhan itu adalah doa yang disampaikan bertatap muka dengan sang pemberi jawaban doa.

Di jaman Nabi Daniel, Tuhan mengirimkan malaikatNya untuk mengirimkan jawaban doa. Tetapi sekarang, di jaman ini, Tuhan sudah menyediakan dan memberikan darah Kristus yang melayakkkan kita untuk masuk kedalam hadiratNya.

Doa terbaik yang dapat kita naikkan adalah dengan bergaul karib dengan Tuhan. Keintiman dengan Tuhan membuat doa bukan hanya rutinitas kering yang terkesan “harus” kita lakukan tetapi doa menjadi suatu kesukaan dan waktu perjumpaan yang manis dengan pribadi Tuhan sendiri.

#2.Disakiti oleh saudara seiman, sesama orang Kristen, bahkan pendeta.

[ANALOGI] seorang gadis yang mencintai seorang pria yang tidak mencintainya, dan disisi lain ada seorang pria yang sangat mencintai gadis itu tetapi si gadia tidak menyukai pria tersebut. Yang terjadi, setiap kali gadis ini berusaha mendekati pria yang disukainya, pria tersebut selalu menyakiti, dan hal ini membuat gadis ini terluka hingga dia berpikir bahwa semua pria itu sama, bahkan kepada pria yang mencintainya dia juga marah.

Apakah hal ini adil? Apakah gadis ini adil? Sama halnya dengan kita, mungkin kita pernah disakit oleh orang Kristen, sesama anak Tuhan dan kita malah marah kepada Tuhan, kita menganggap semua orang Kristen sama dan marah tidak hanya kepada semua orang Kristen tetapi juga kepada Allah yang mengasihi kita. Apakah ini adil?

Saya yakin bahwa setiap dari kita pernah disakiti oleh orang yang mengaku Kristen atau sesama anak Tuhan, saran saya, jangan biarkan sakit hati itu kita lemparkan kepada Tuhan dan membuat kita marah kepada Tuhan.

Yohanes 15:20 (TB) Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.

Ketika Yesus berjalan di bumi dalam kemanusiaanNya, hanya ada dua golongan yang membenciNya: 1. Orang yahudi, dan 2. Imam, Farisi, Ahli Taurat. Yesus tidak pernah bermasalah dengan pemungut cukai, pelacur, dan pendosa, Dia dicaci maki oleh orang – orang agamawi, maka kita juga akan mengalami apa yang Tuhan yesus alami. Olehnya siapkan hati kita untuk disakiti, karena Tuhan sendiri sudah memperingatkan kita.

Saran saya bagi anda yang pernah disakiti oleh, ini saatnya untuk melepaskan pengampunan. Jangan menyimpan sakit hati itu karena itu akan melukai diri anda sendiri.

Dalam pejumpaan Tuhan Yesus dengan Saulus, (Kisah Para Rasul 26:14) Yesus berkata “Sukar bagimu menendang ke galah rangsang” Galah Rangsang adalah tongkat besi berujung runcing yang dipakai untuk memaksa hewan besar melakukan hal yang diinginkan tuannya. Menendang galah rangsang adalah melakukan tindakan sia-sia yang hanya menyakiti diri sendiri.

Acts.26:14 (TPT) We all fell to the ground, and I heard a voice speaking to me in Aramaic, saying, 'Saul, Saul, why are you persecuting me? You are only hurting yourself when you resist your calling.

(NLT) We all fell down, and I heard a voice saying to me in Aramaic, 'Saul, Saul, why are you persecuting me? It is useless for you to fight against my will.'

Orang – orang yang dikirim dalam kehidupan kita tidak selalu orang yang jahat meskipun mungkin mereka melakukan peran tersebut, sadarilah bahwa itu adalah bagian dari pelatihan kita. Sebelum Tuhan mengangkat kehidupan anda, Tuhan akan mempersiapkan anda untuk dapat menghadapi segala jenis orang. Latihan kesabaran merupakan persiapan untuk Tuhan mengangkat anda menjadi seorang yang besar.

Link Ibadah Victory Community Church:

Bagikan
Artikel Lainnya
Lihat Artikel Lainnya
Bagikan Artikel Ini